Penyebab, Diagnosis, dan Pengobatan Barotrauma Telinga

Penyebab, Diagnosis, dan Pengobatan Barotrauma Telinga | Barotrauma telinga adalah suatu kondisi yang menyebabkan ketidaknyamanan telinga akibat perubahan tekanan. Di masing-masing telinga, ada sebuah tabung yang menghubungkan bagian tengah telinga ke tenggorokan dan hidung. Hal ini juga membantu mengatur tekanan telinga. Tabung ini disebut tuba eustachius. Ketika tabung diblokir, anda mungkin mengalami barotrauma telinga.

Penyebab, Diagnosis, dan Pengobatan Barotrauma Telinga

Sesekali barotrauma telinga adalah umum terjadi, terutama di lingkungan di mana perubahan ketinggian. Sementara kondisi ini tidak berbahaya pada beberapa orang, kasus ini dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut. Hal ini penting untuk memahami perbedaan antara akut (sesekali) dan kronis (berulang) sehingga anda tahu kapan harus mencari pengobatan medis.

Gejala Barotrauma Telinga

Jika anda memiliki barotrauma telinga, anda mungkin merasa tidak nyaman ada tekanan di dalam telinga. Gejala umum yang terjadi lebih awal atau dalam kasus ringan sampai sedang, dapat mencakup :

  • Pusing
  • Muncul rasa ketidaknyamanan pada telinga.
  • Gangguan pendengaran ringan atau kesulitan mendengar.
  • Hidung tersumbat dan penuh di dalam telinga.

Jika hal ini berlangsung cukup lama tanpa dibantu oleh pengobatan atau kasus yang sangat parah, gejala dapat meningkat. Gejala tambahan yang mungkin terjadi pada kasus ini diantaranya :

  • Sakit telinga.
  • Adanya tekanan di telinga, seolah-olah anda berada di bawah air.
  • Mimisan.
  • Moderat gangguan pendengaran parah atau kesulitan mendengar.
  • Cedera gendang telinga.

Setelah diobati, hampir semua gejala akan pergi. Gangguan pendengaran dari barotrauma telinga hampir selalu bersifat sementara dan reversibel.

Penyebab Barotrauma Telinga

Penyumbatan pada Tuba Eustachius adalah salah satu penyebab dari barotrauma telinga. Tuba eustachius membantu untuk mengembalikan keseimbangan selama perubahan tekanan. Misalnya, menguap biasanya membuka tabung eustachius. Ketika tabung diblokir, gejala berkembang karena tekanan di telinga berbeda dari tekanan di luar gendang telinga anda.

Perubahan ketinggian menjadi penyebab paling umum dari kondisi ini. Salah satu tempat yang banyak orang mengalami barotrauma telinga adalah saat pesawat naik atau turun. Kondisi ini kadang-kadang disebut sebagai pesawat telinga.

Situasi lain yang dapat menyebabkan barotrauma telinga meliputi :

  • Scuba diving.
  • Hiking.
  • Mengemudi melalui pegunungan.

Menyelam

Menyelam merupakan penyebab umum dari barotrauma telinga. Ketika anda menyelam, anda berada dalam banyak tekanan di bawah air daripada di darat. Yang pertama 14 kaki menyelam lebih sering menjadi risiko terbesar untuk telinga cedera bagi para penyelam. Gejala biasanya berkembang dengan segera setelah menyelam.

Barotrauma telinga tengah sangat umum terjadi pada penyelam, karena tekanan air berubah secara drastis. Untuk mencegah terjadinya barotrauma telinga, turun perlahan-lahan sambil menyelam.

Faktor Risiko Barotrauma Telinga

Setiap masalah yang dapat menghalangi tuba eustachius menempatkan anda pada risiko untuk mengalami barotrauma. Orang-orang yang memiliki alergi, pilek, atau infeksi aktif lebih mungkin untuk mengalami barotrauma telinga.

Bayi dan anak-anak juga pada risiko untuk kondisi ini. Tuba eustachius pada anak lebih kecil dan diposisikan berbeda dari orang dewasa dan mungkin mendapatkan pemblokiran dengan lebih mudah. Ketika bayi dan balita menangis di pesawat saat lepas landas atau mendarat, sering kali karena mereka merasakan efek dari barotrauma telinga.

Diagnosis Barotrauma Telinga

Sementara barotrauma telinga dapat pergi sendiri, anda harus menghubungi dokter jika gejala-gejala terasa termasuk rasa sakit yang signifikan atau perdarahan dari telinga. Pemeriksaan medis mungkin diperlukan untuk menyingkirkan infeksi telinga.

Berkali-kali barotrauma telinga dapat dideteksi melalui pemeriksaan fisik. Melihat dari dekat di dalam telinga dengan otoscope sering dapat mengungkapkan perubahan dalam gendang telinga. Karena perubahan tekanan, gendang telinga dapat didorong sedikit ke luar atau ke dalam dari mana itu biasanya harus duduk.

Dokter anda mungkin juga dapat memeras air (insuflasi) ke dalam telinga untuk melihat apakah ada cairan atau penumpukan darah di belakang gendang telinga. Jika tidak ada temuan yang signifikan pada pemeriksaan fisik, seringkali situasi anda yang mengelilingi gejala akan memberikan petunjuk ke arah diagnosis yang benar.

Pengobatan Barotrauma Telinga

Sebagian besar kasus barotrauma telinga umumnya sembuh tanpa intervensi medis. Ada beberapa langkah-langkah perawatan diri yang dapat anda ambil untuk dijadikan bantuan. Anda dapat membantu meringankan efek dari tekanan udara di telinga oleh :

  • Menguap.
  • Mengunyah permen karet.
  • Latihan pernapasan.
  • Mengambil antihistamin atau dekongestan.

Dalam kasus yang parah, dokter mungkin meresepkan antibiotik atau steroid untuk membantu dalam menangani kasus-kasus infeksi atau peradangan.

Dalam beberapa kasus lainnya, barotrauma telinga mengakibatkan gendang telinga pecah. Gendang telinga pecah dapat memakan waktu hingga dua bulan untuk menyembuhkan. Gejala-gejala yang tidak merespon terhadap perawatan diri mungkin memerlukan pembedahan untuk mencegah kerusakan permanen pada gendang telinga.

Baca juga :

Operasi

Parah atau kronis kasus barotrauma, operasi mungkin menjadi pilihan terbaik untuk pengobatan. Kasus-kasus kronis dari barotrauma telinga dapat dibantu dengan bantuan tabung telinga. Silinder kecil yang ditempatkan melalui gendang telinga untuk merangsang aliran udara ke tengah-tengah telinga. Tabung telinga, juga dikenal sebagai tabung tympanostomy atau grommet, yang paling sering digunakan pada anak-anak dan mereka dapat membantu mencegah infeksi dari barotrauma telinga.

Ini juga sangat umum digunakan pada orang-orang dengan penyakit kronis barotrauma yang sering mengubah ketinggian, seperti orang-orang yang perlu untuk terbang atau sering bepergian. Tabung telinga biasanya akan tetap di tempat selama enam sampai 12 bulan.

Kedua pilihan bedah yang melibatkan celah kecil yang dibuat ke dalam gendang telinga untuk lebih memungkinkan tekanan untuk menyamakan kedudukan. Hal ini dapat juga memindahkan cairan yang ada di telinga tengah. Celah itu akan sembuh dengan cepat, dan mungkin bukan solusi permanen.

Barotrauma Telinga Pada Bayi

Bayi dan anak-anak sangat rentan terhadap barotrauma telinga. Hal ini karena mereka memiliki tuba estachius yang jauh lebih kecil dan lebih lurus dan oleh karena itu perjuangan lebih lanjut dengan pemerataan.

Jika bayi anda menunjukkan tanda-tanda ketidaknyamanan, tekanan, agitasi, atau rasa sakit saat mengalami perubahan ketinggian, kemungkinan mereka mengalami barotrauma telinga.

Untuk membantu mencegah terjadinya barotrauma telinga pada bayi, anda dapat memberi mereka makan atau minum selama perubahan ketinggian. Untuk anak-anak dengan telinga yang tidak nyaman, dokter mungkin dapat meresepkan obat tetes telinga untuk membantu meringankan rasa sakit.

Komplikasi Potensial

Barotrauma telinga biasanya bersifat sementara. Namun, komplikasi yang terjadi mungkin timbul pada beberapa orang, terutama dalam kasus-kasus kronis. Jika tidak diobati, kondisi ini dapat menyebabkan :

  • Infeksi telinga.
  • Gendang telinga pecah.
  • Gangguan pendengaran.
  • Rasa nyeri yang berulang.
  • Pusing kronis dan merasakan ketidakseimbangan (vertigo).
  • Pendarahan dari telinga dan hidung.

Anda harus menghubungi dokter anda jika anda memiliki sakit telinga atau penurunan pendengaran. Gejala berulang bisa menjadi tanda dari parah atau kronis barotrauma telinga. Dokter anda akan memperlakukan anda dan memberikan anda tips untuk membantu mencegah komplikasi.

Masa Pemulihan

Ada berbagai severities dan jenis tertentu dari barotrauma telinga yang mempengaruhi bagaimana seseorang pulih dan bagaimana proses pemulihannya. Sebagian besar dari mereka yang mengalami barotrauma telinga akan membuat pemulihan penuh, dengan tidak ada gangguan pendengaran permanen.

Sementara, pasien harus menghindari tekanan yang signifikan perubahan (seperti yang dialami saat menyelam atau di pesawat). Banyak kasus barotrauma akan sembuh secara spontan dan tanpa pengobatan apapun.

Jika barotrauma disebabkan oleh alergi atau infeksi saluran pernafasan, hal ini akan sering diselesaikan ketika penyebab yang mendasari telah diselesaikan. Kasus ringan sampai sedang mengambil rata-rata hingga dua minggu untuk pemulihan penuh. Kasus yang parah dapat mengambil enam sampai 12 bulan untuk pemulihan penuh setelah operasi.

Ketika barotrauma menyebabkan infeksi atau rasa sakit yang intens dan gejala tidak menyelesaikan atau memburuk, anda harus membuat janji untuk berkunjung ke dokter spesialis.

Mencegah Barotrauma Telinga

Anda dapat mengurangi risiko anda mengalami barotrauma dengan mengambil antihistamin atau dekongestan sebelum menyelam atau terbang di pesawat. Anda harus selalu memeriksa dengan dokter anda dan menyadari kemungkinan efek samping sebelum mengambil obat baru.

Langkah-langkah lain yang dapat anda ambil untuk mencegah atau mengurangi barotrauma diantaranya :

  • Turun perlahan-lahan sambil menyelam.
  • Menelan, menguap, dan mengunyah ketika anda merasakan gejala barotrauma, yang dapat meredakan gejala.
  • Buang napas melalui hidung selama pendakian di ketinggian.
  • Hindari memakai penutup telinga saat menyelam atau terbang.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s