7 Langkah Sederhana Untuk Menyehatkan Telinga

Hidup akan menjadi sangat hambar dan tak bernyawa jika kita tidak bisa mendengar suara luar biasa di sekitar kita.

Baik itu suara keras membunyikan klakson kendaraan, cekikikan anak-anak, Bel periode terakhir di sekolah, suara menenangkan seperti air sungai, kicau burung, atau gemerisik daun, mereka melengkapi hidup kita dan memang memberi makna keberadaan kita di dunia ini.

sakit telinga

Pernahkan anda berpikir, bagaimana kehidupan terasa bermasalah, jika anda tidak bisa mendengar dengan baik? tidak sedikit orang di sekitar kita yang mempunyai gangguan pendengaran parsial atau permanen, dimana setiap harinya mereka hanya bisa melihat visualnya saja tidak diiringi dengan suara mono-stereonya.

Salah satu alasan umum orang tersebut kehilangan pendengarannya bisa karena faktor genetik atau turunan dari orang tuanya, dan beberapa juga ada karena jenis penyakit tertentu yang menggerogoti organ telinganya, bahkan bisa juga karena cedera pada drum telinga karena adanya beberapa suara keras.

Oleh karena itu, kali ini kita akan berbagi 7 Langkah Sederhana Untuk Menyehatkan Telinga kita, dan ini juga demi kesehatan organ telinga kita juga, mari kita simak selengkapnya di paragraf selanjutnya :

1. Check Up ke Dokter Secara Teratur

Kunjungi spesialis THT Anda setiap enam bulan sekali dan lakukan proses diagnosis pada telinga anda, serta diikuti dengan sesi pembersihannya. Besar kemungkinan selama 6 bulan waktu berjalan, di telinga anda tumbuh berbagai macam bakteri atau penyakit karena tidak teratur membersihkannya. Pastikan anda mengunjungi spesialis THT terbaik di daerah anda.

2. Pakai Cotton Bud untuk Membersihkan

Tidak peduli seberapa buruk gatal-gatal di telinga yang anda rasakan, saya sarankan jangan pernah menggaruknya dengan menggunakan benda-benda tajam untuk membersihkan telinga seperti salah satu contohnya pinset. Pastikan anda selalu menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga.

Simak juga : Benjolan di Belakang Telinga

3. Membersihkan Telinga Anda setelah Mandi

Waktu terbaik untuk membersihkan telinga Anda setelah Anda mandi, karena telinga Anda sudah dibasahi sehingga mudah untuk menarik keluar kotoran telingga dengan bantuan cotton bud. Namun, jangan melakukannya setiap hari dan membersihkannya sekali dalam seminggu.

4. Jangan Terlalu Sering Berbagi Telepon

Hindari terlalu sering berbagi telepon dengan orang lain. Anda mungkin tidak pernah tahu apa jenis gangguan telinga atau pertumbuhan bakteri seperti apa yang dihasilkan karena sering berbagi telepon dengan orang lain.

5. Hindari Mendengarkan Musik Dengan Volume Keras

Jangan pernah anda sekalipun mendengarkan musik yang terlalu keras, apalagi jika mendengarnya dengan memakai headphone atau alat lainnya. Itu akan menyebabkan cedera pada gendang telinga anda. Hindari tempat-tempat yang terlalu berisik yang menimbulkan suara keras.

6. Hindari Rokok

Sudah banyak kasus-kasus yang mana merokok dapat menyebabkan kehilangan pendengaran. Bahkan bisa menyebabkan tuli permanen. Oleh karena itu, sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi pada anda, hindari rokok sekarang juga!

Baca juga : Obat Sakit Telapak Tangan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s