WASPADA Jenis Benjolan Non-Kanker

WASPADA Jenis Benjolan Non-Kanker – Benjolan yang tidak pada tempatnya sering disebut tumor dan sering juga berkembang menjadi kanker ganas. Benjolan bisa disebabkan antara lain karena terhambatnya peredaran darah, faktor asupan makanan, atau karena genetika. Tetapi ada juga benjolan yang bersifat Non-Kanker, seperti di bawah ini jenis-jenisnya.

benjolan di tangan

Kista ganglion
Kista ganglion adalah kista tak bergerak, kenyal dan menyakitkan yang dapat terbentuk pada bagian atas kaki, bagian atas pergelangan tangan dan punggung tangan. Ukuran benjolan tersebut hanya sebesar kacang atau buah plum.

Pembengkakan kelenjar getah bening
Kelenjar getah bening terletak pada ketiak dan leher (terutama di bawah rahang, belakang telinga dan di dasar tengkorak), serta di selangkangan. Jika muncul benjolan pada area tersebut, mungkin disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening.

Fibroadenoma
Fibroadenoma adalah benjolan bulat yang sangat mudah bergerak di dalam jaringan payudara. Penyebabnya tidak diketahui, tetapi biasanya sangat sering terjadi pada wanita berusia 20 hingga 30 tahun. Dokter mungkin akan menyarankan untuk segera melakukan biopsi atau aspirasi jarum halus untuk mengkonfirmasikan bahwa hal tersebut tidak berbahaya.

Lipoma
Lipoma adalah benjolan seperti bola cincin yang dapat bergerak dengan mudah. Benjolan ini berupa timbunan lemak yang muncul terutama pada kaki, batang dan lengan. Penyebab lipoma adalah genetik atau turunan dari keluarga yang umumnya tidak berbahaya.

Kista
Bentuk kista seperti buah anggur dengan tekstur yang sangat lembut dan berupa kantung yang berisi cairan. Kista biasanya tumbuh di sekitar payudara atau area genital. Benjolan lembut di area genital mungkin terjadi karena terblokirnya saluran minyak hingga dapat menyebabkan kista epidermoid.

Nodul Tiroid
Penyebab munculnya nodul tiroid belum diketahui, tetapi mungkin karena aktivitas kelenjar tiroid. Jika anda mengalami beberapa gejala tiroid tambahan lain seperti rasa nyeri selain benjolan tersebut, segera periksakan ke dokter untuk mengobati gangguan yang mendasarinya dengan obat-obatan atau dengan yodium radioaktif untuk mengecilkan benjolan.

Advertisements

One thought on “WASPADA Jenis Benjolan Non-Kanker

  1. Pingback: Hati-Hati! Jangan Sepelekan Benjolan di Belakang Telinga Anak | Cara Menghilangkan Benjolan Di belakang Telinga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s